Kebudayaan Dayak, Aktualisasi dan Transformasi (Resensi buku)

Posted: Desember 24, 2010 in resensi buku Dayak

Judul buku: Kebudayaan Dayak, Aktualisasi dan Transformasi, Editor: Paulus Florus, Stepanus Djuweng, John Bamba, Nico Andasputra, Kata Pengantar: Dr. Michael R. Dove, Diterbitkan atas kerjasama LP3S- Institut of Dayakology Research and Development, Penerbit: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dalam arus kuat modernisasi dan perubahan yang menyertai derap pembangunan, kita dihadapkan pada beberapa pertanyaan mendasar yang berkisar pada masyarakat pelaku perubahan dan pelaku pembangunan sendiri. Masih mampukah kita menemukan dan mengembangkan jadidiri budaya kita di tenggah-tengah arus perubahan dan modernisasi? Masihkah kita ikut berperan dalam mengendalikan arah dan arus perubahan yang terjadi di sekitar kita? Bagaimana kita dapat mewujudkan peranan kita sebagai subjek atau pelaku pembangunan?

Pertanyaan-pertanyaan di atas mengisyaratkan bahwa kegiatan pembangunan yang sedang kita laksanakan hendaknya memperhatikan faktor budaya agar pembangunan itu tidak kehilangan nilai kemanusiaannya. Selain itu, kini semakin terasa pentingnya pembangunan terpadu dari perkembangan ekonomi, industri, iptek dan sosial politik dengan acuan kebudayaan.

Untuk menjawab pertanyaan itu, patut anda baca buku ini, karena di buku ini akan anda temukan makalah-makalah kajian dari para pakar budaya yang di Presentasikan oleh mereka di acara Seminar Nasional Kebudayaan Dayak dengan tema “Aktualisasi dan Transformasi Kebudayaan Dayak Guna Menyongsong Pembangunan Nasional Jangka Panjang. Sebuah buku yang patut dibaca oleh para pengambil keputusan dan para pelaksana pembangunan di daerah maupun Pusat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s